Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, May 31, 2012

Gaya Tolak Menolak Dan Gaya Tari Menarik

Mengetahui Gaya Tolak Menolak Dan Gaya Tari Menarik.

Adek-adek Sekolah Dasar yang kakak cintai, apa kabar semuanya ? Semoga semua dalam keadaan sehat dan bersemangat. Kali ini kakak ingin ngajak adek-adek untuk mengetahui apakah gaya tarik-menarik dan gaya tolak- menolak menurut ilmu pengetahuan alam atau tepatnya ilmu fisika.

Nah, untuk itu marilah kita lakukan percobaan sederhana kita !
Siapkan dua buah balon yang sudah ditiup kemudian ikat dengan benang dan ujung tali lain ikatkan pada tiang pintu rumahmu sehingga balon tergantung dengan jarak 20 cm satu sama lain (hati-hati mengikatkan ke pintu, minta bantuan kakakmu), tulisi masing-masing balon tersebut dengan spidol, balon A dan balon B.
Sekarang gosokkan balon A pada rambutmu sepuluh kali gosokan satu arah, lepaskan kedua balon tersebut pelan-pelan. Perhatiakan apa yang terjadi ?
Percobaan berikutnya, gosokkan balon A pada rambutmu sepuluh kali gosokan satu arah , kemudian mintalah temanmu untuk menggosokkan balon B pada rambut temanmu sebanyak sepuluh kali juga, lepaskan kedua balon tersebut pelan-pelan. Perhatikan apa yang terjadi ?
Jika percobaan adek-adek berhasil, pada percobaan pertama maka kedua balon akan tarik-menarik, dan pada percobaan berikutnya kedua balon akan tolak-menolak.
Sepertinya aneh ya ?

Nah sekarang akan kakak jelaskan mengapa terjadi gaya tarik-menarik atau tolak-menolak pada peristiwa tersebut.

Pada dasarnya setiap benda terdiri dari atom-atom yang dikelilingi electron ( muatan negative ) yang beredar dan mengelilingi inti yang bermuatan positive.







Pada saat balon A digosokkan ke rambut, muatan elektron dalam rambut akan berpindah dan menempel pada balon A, jadi balon A lebih banyak muatan negativnya, sedangkan balon B lebih banyak muatan positivnya. Maka kedua balon akan saling tarik menari.
Jika kedua balon A dan B digosokkan ke rambut, maka kedua balon akan lebih banyak muatan negativnya. Sehingga ketika didekatkan akan saling tolak menolak.
Jadi jika kedua benda yang berlainan jenis muatannya didekatkan akan saling tarik-menarik. Dan jika kedua benda yang sama jenis muatannya didekatkan akan saling tolak-menolak.

Nah demikianlah adek-adek, semoga percobaan kita ini ada manfaatnya bagi kalian, sehingga makin mencintai mata pelajaran IPA.

1 comment:

UII Official said...

makasih infonya, ijin share ya.. :)

Post a Comment